Desy Rosmanurlisa

TIPS MENYIAPKAN MPASI


Bayi sebaiknya diperkenalkan makanan padat mulai usia 6 bulan. Tepung beras umum digunakan sebagai makanan pertamanya karena sangat aman dan jarang menimbulkan alergi. Sebagai MPASI, tepung beras diolah menjadi bubur tepung dan disajikan dengan susu dan buah atau sayur.


Perkenalkan bayi hanya satu jenis makanan baru dan berikan selama 2-4 hari untuk memastikan ada tidaknya reaksi alergi terhadap makanan tersebut. Makanan yang sering menjadi pemicu alergi adalah susu, telur, kacang kacangan, ikan, kedelai dan gandum.

Saat memperkenalkan telur, berikan bagian kuning telur terlebih dahulu karena putih telur dapat memicu reaksi alergi.


Hindari pemberian gula dan garam. Gula dan garam tidak memberikan tambahan nutrisi tetapi hanya memperkenalkan suatu standar rasa enak pada lidah. Pemerian gula pada makanan atau minuman bayi akan mengakibatkan kerusakan pada gigi saat gigi susu bayi tumbuh. Sedangkan pemberian garam pada makanan bayi akan membuat ginjal bekerja lebih berat.


Sebagai ganti penggugah selera, bisa ditambahkan kaldu atau bumbu yang biasa kita pakai (daun salam, kayu manis, seledri, bawang putih, daun salam,dll)

 

Sebaiknya tidak memberikan madu kepada bayi sebelum bayi berumur 1 tahun. Karena madu seringkali dicemari suatu bakteri yang bisa menghasilkan racun pada saluran cerna bayi. Racun itu dikenal debgan toksin botulinum (infant botulism)

Semoga Bermanfaat🙂

Comments on: "TIPS MENYIAPKAN MPASI" (3)

  1. terimaksih tipsnya, sebentar lagi insyaAllah saya akan punya bayi

    • sama sama kang nur. tapi kang nur kan bukan mau lahiran anak pertama. so pasti udah lebih pengalaman. Semoga proses kelahirannya nanti lancar,sehat ibu dan anak🙂

  2. blog walking aja ah,,,

Terima Kasih atas kunjungannya, jika berkenan dan suka silahkan meninggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: