Desy Rosmanurlisa

Dahsyatnya kemajuan teknologi saat ini memiliki dampak yang bermacam-macam, salah satunya adalah perilaku sosial. Mudahnya berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan dengan waktu yang singkat memiliki banyak teman dengan lokasi yang berbeda.

Kemajuan teknologi terkini yang sangat familiar salah satunya adalah telepon genggam(Hand Phone) dan internet. dengan internet semua orang bisa mendapatkan informasi disegala penjuru dunia. Mulai dari hal yang baik sampai dengan hal yang merusak aqidah.Anak-anak usia SD terkadang kita anggap sebagai anak yang sudah dewasa dan sudah tepat jika diberikan fasilitas hp. Karena disisi lain dengan hp kita bisa mengontrol aktivitas yang dilakukan buah hati kita dan lain sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan, apa sudah tepat anak usia TK dan SD diberi amanah Hp?karena memang Hp sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang, maka tidak jarang orang tua membekali anak-anaknya dengan fasilitas Hp dan tidak sedikit pula karena pekerjaan yang memang memerlukan teknologi tinggi,dirumah sudah terpasang jaringan internet.

Tidak kalah hati-hati adalah fasilitas internet dirumah. Tapi karena memang barang tersebut sudah harus ada dirumah, maka tidak heran jika internet sudah hampir merata disetiap rumah-rumah kita. Pengawasan yang tepat biasanya dilakukan orang tua untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari menempatkan komputer di ruang keluarga, menginstal program-program yang mendukung internet tidak disalahgunakan dan sebagainya.
Berikut beberapa tips untuk memberikan Fasilitas Hp
a. Sebelum anak memiliki handphone

  1. Libatkan anak untuk menyentuh, menggunakan dan memelihara Hp milik orang tua;
  2. Selama dilibatkan berikan pemahaman fungsi, kegunaan dan hal-hal yang tidak baik dari penggunaan Hp (misal gelombang sinyal yang merusak otak, SMS penipian dan sebagainya);
  3. Jika anak sudah mulai menginginkan Hp, berikan dengan ketentuan bersyarat, misalnya boleh punya Hp kalau nilai raport mu minimal 7 dan lain sebagainya;
  4. Pada dasarnya anak – anak sudah disiapkan untuk memahami konsekuensi dan hal – hal yang harus dilakukan jika punya Hp.

b. Setelah memiliki Hp

Belikanlah Hp dengan aplikasi yang meminimalis non internet dan sejenisnya pada intinya tekankan bahwa Hp untuk anak adalah sebatas sms dan menelepon saja.

Apabila sudah memiliki Hp dengan fitur yang dapat mengakses internet,MMS, Bluetooth dan sebagainya pastikan anda mengecek apa saja yang sudah buah hati anda lakukan dengan HP tersebut, lakukan dengan waktu yang konsisten.

Selamat Mencoba🙂

Comments on: "Sudah Tepatkah HP dan Internet untuk Anak-anak?" (10)

  1. esra Nugroho said:

    ok..ok.. Yg JeLas Isi Nyo Samo Dengan Yg Di fb, Maaf Lg MaLes Ngetik, hee..hee..

  2. esra Nugroho said:

    Hemm…Pasti Dirimu Lg Pakek Hp OL nyo Huh Gk Keren hee..hee..

  3. esra Nugroho said:

    Dak Katek BaLesan Nyo

    • thank u bro…🙂
      kl liat jam koment nya.. nie aku lg bobok.. :p makanya ga langsung bls.. he.. trims pendapat dan kunjungannya🙂

  4. Kalo anakku yang SD baru kuberi Hp koran yang tak berinternet juga… takut terkontaminasi kalo ada internetnya…

    • iya kang… internet memang bagaikan sebilah pisau.. jika di pegang sm penjahat.. makajd jahat dan rusaklah semua.tp jika digunakan sama koki,maka bermanfaatlah dia. so pandai – pandai kita memanfaatkannya terutama tuk sang buah hati.. trims ya kang,udh berbagi pengalaman🙂

  5. kalau hp kan ada hp untuk anak mb’

    • hp esia anak itu ya mas? kl di tempatku,jaringan esia nya belum masuk mz riz😦
      btw met aktivitas.. n selamat ngeblog.. terus semangat ya..🙂

  6. blum dilibatkan juga anak kecil mah dah ngerebut yg lgi dipake hehe.,

    • yup..anak kecil memang rasa ingin tahu nya sangat besar. dan kita pun terkadang surprise banget kalau dan ternyata anak – anak jaman sekarang sudah melek teknologi.terima kasih kunjungannya🙂

Terima Kasih atas kunjungannya, jika berkenan dan suka silahkan meninggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: